Sumber: unsplash.com

 

 

Saat ini tengah maraknya pop culture Negeri Sakura di kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Budaya pop ini biasanya dibawa melalui kartun dan komik khas mereka yang biasa disebut anime dan manga, film, musik dan lain sebagainya.

Ternyata dengan maraknya pop culture jepang yang merambah masyarakat membuat minat masyarakat untuk belajar Bahasa Jepang kian  meningkat. Menurut Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki dalam kegiatan penandatanganan kontrak bantuan hibah pengadaan peralatan laboratorium multimedia bahasa Universitas Dharma Persada di Kantor Kedutaan Besar Jepang, minat belajar Bahasa Jepang oleh pelajar Indonesia amat tinggi, yaitu mencapai  870.000 orang pada tahun 2018. Tidak menutup kemungkinan tahun 2021 ini mencetak lebih banya angka.

Mungkin salah satu dari kamu menjadi bagian dari masyarakat Indonesia yang memiliki minat sangat tinggi untuk belajar Bahasa Jepang. Namun umumnya banyak yang terkendala belajar bahasa Jepang, ntah mungkin karena sulitnya karena Bahasa Jepang menggunakan huruf yang berbeda dengan bahasa kita atau kendala lainnya. 

Kendala yang sering ditemui tersebut menyebabkan para pejuang Bahasa Jepang yang berhenti ditengah jalan, sayang banget kan?. Nah belajar Bahasa Jepang untuk pemula ternyata nggak sesulit itu kok. Kamu juga bisa lancar berbahasa Jepang seperti orang Jepang lho. Berikut tips yang bisa kamu lakukan agar bisa ngomong kaya orang Jepang beneran.

1. Luruskan dan Kuatkan Niat Kamu

 

 

Sepertinya apa pun kegiatannya nggak boleh lepas dari yang namanya niat, termasuk dalam belajar Bahasa Jepang. Dengan niat dan tekad yang kuat ini sangat membantu kamu karena dari sisi psikologis kamu sudah tertanam kemauan yang kuat untuk belajar bahasa Jepang. 

 

Seandainya ada sesuatu yang membuat semangatmu turun, seperti kamu sedang sakit, waktu yang sedikit atau hal lainnya yang menghambat kamu dalam belajar Bahasa Jepang maka kamu dapat mengenang kembali apa tujuan dan niat kamu dalam belajar Bahasa Jepang.

 

 

2. Mulai Belajar Dengan Pop-Culture Jepang

 

Apa yang membuat sesuatu itu menyenangkan biasanya akan sangat mudah kita kuasai, karena alam bawah sadar kita menganggap itu bukan suatu usaha melainkan cara kita bersenang-senang.

 

Termasuk kita harus menemukan apa yang membuat kita enjoy dalam belajar. Sekarang ini banyak film-film Jepang, musik, dan yang paling marak digandrungi anak muda bahkan orang dewasa adalah anime-nya yang memang keren-keren parah dan wajib buat ditamatin. Biasanya saat kita menonton film-film dan anime Jepang kita dengan asik mengikuti alur yang ditawarkan dan hanyut juga dalam dialog-dialog antar karakternya yang menarik untuk diikuti.

 

Nah untuk awal-awal teman-teman mungkin menonton sambil membaca subtitle. Tapi jangan hanya sekedar membaca ya, teman-teman juga harus mendengar dialognya langsung dan melihat terjemahannya di subtitle, itu sangat membantu sekali buat teman-teman dalam menumbuhkan minat belajar Bahasa Jepang yang masih pemula. Dengan kamu terbiasa menonton film atau mendengar musik bahasa Jepang kamu akan mulai terbiasa dengan bahasa Jepang.

 

 

 

3. Cari Mentor yang Pas Buat Belajar

 

Salah satu faktor yang sangat penting dalam kamu belajar sesuatu adalah kamu harus menemukan mentor yang pas, tidak terkecuali dalam belajar Bahasa Jepang. Fungsi mentor atau guru bukan hanya membimbing kamu dalam belajar, namun juga mencari tahu kelemahan kamu, dan memberikan kamu metode yang cocok buat kamu untuk belajar Bahasa Jepang. Mentor juga bisa memberikan kamu motivasi serta semangat saat kamu sedang malas untuk belajar.

 

Nah, salah satu tempat belajar Bahasa Jepang yang recommended dan ada mentor yang siap membimbing kamu adalah PONGO N5 EXCLUSIVE. Belajar di program pongo dijamin membuat kamu bisa belajar Bahasa Jepang 10x lebih cepat. Jadi, kini kamu pun bisa bicara Bahasa Jepang seperti orang Jepang.

 

Kamu Harus Ke Jepang Walau Sekali Seumur Hidup
Pentingnya Sertifikat JLPT Buat Kamu yang Ingin Ke Jepang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *