penerjemah bahasa jepang

Apa kamu suka belajar bahasa asing?, ntah itu belajar bahas Jepang, belajar bahasa inggris dan belajar bahasa asing lainnya. Jika kamu belajar bahasa asing, kamu akan menemukan banyak prospek kerja yang cukup menjanjikan.

Salah satu prospek kerja bagi orang belajar bahasa asing adalah menjadi penerjemah. Penerjemah merupakan suatu profesi yang memiliki tugas untuk mengalihkan suatu bahasa ke bahasa lainnya dengan tujuan tertenu.

Menjadi penerjemah mengharuskan kamu setidaknya menguasai dengan baik dua bahasa yang berbeda. Profesi penerjemah sekarang ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan maupun perorangan, ntah itu bertujuan dalam menerjemahkan dokumen-dokumen khusus maupun hal lainnya yang berkaitan dengan penerjemahan.

Terus bagaimana sih cara menjadi penerjemah yang baik?. Susah nggak cara menjadi penerjemah yang handal?.

Daripada bingung berikut kamu bahas 5 cara menjadi penerjemah bahasa yang baik

  1. Memilih Bahasa Yang Tepat

Cara menjadi penerjemah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memilih bahasa yang akan kamu pelajari dan kamu dalami. Pilih satu saja bahasa yang kamu pilih untuk fokus kamu pelajari.

Satu hal yang harus kamu ingat jangan pilih bahasa asing yang kamu suka ataupun menurut kamu paling mudah. Pilih bahasa yang menurut kamu menjanjikan jika kamu pelajari.

Kamu mungkin pasti akan langsung memilih bahasa inggris, hal itu wajar karena bahasa inggris memang bahasa dunia dan masih sangat banyak dibutuhkan jasa penerjemah bahasa inggris. Namun kamu juga akan berhadapan dengan banyak pesaing juga yang ingin menjadi penerjemah bahasa inggris.

Cara menjadi penerjemah yang baik adalah kamu harus pandai mencari bahasa asing tetap menjanjikan namun pesaingnya masih sedikit. Salah satu bahasa yang direkomendasikan selain bahasa inggris adalah bahasa arab, mandarin ataupun bahasa Jepang.

Dengan menjamurnya perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia, tidak adalah salahnya kamu belajar bahasa Jepang dan menjadi penerjemah bahasa Jepang.

  1. Selalu Berlatih dan Belajar Secara Rutin

Setelah menentukan bahasa apa yang akan kamu dalami untuk menjadi penerjemah. Cara menjadi penerjemah salanjutnya adalah kamu harus belajar bahasa asing tersebut dan rutin berlatih menerjemah bahasa.

Untuk menjadi penerjemah yang handal kamu juga harus berlatih menerjemahkan tulisan dan menentukan gaya bahasa yang digunakan pada suatu tulisan. Karena umumnya gaya bahasa yang digunakan dokumen resmi, novel, karya ilmiah pasti berbeda-beda.

Tujuan belajar memahami gaya bahasa bagi seorang penerjemah adalah agar pesan dan konteks dari tulisan yang diterjemahkan masih utuh tersampaikan walaupun sudah dialihkan ke bahasa lainnya.

  1. Memilih Spesialisasi

Cara menjadi penerjemah selanjutnya adalah memilih spesialisasi yang menurutmu cocok dengan kamu. Penerjemah sendiri bisa memilih beberapa spesialisasi seperti penerjemah karya ilmiah, penerjemah karya sastra, penerjemah dokumen, atau bisa sebagai pembuat subtitle pada film.

Memilih spesialisasi bagi seorang penerjemah bertujuan agar bisa lebih fokus dan mempertajam kemampun dalam menerjemah.

  1. Ikut Sertifikasi Penerjemah

Apa kamu ingin terlihat lebih menjanjikan sebagai penerjemah?. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengikuti sertifikasi penerjemah. Menjadi penerjemah yang bersertifikasi akan lebih diperhitungkan oleh klien atau perusahaan yang ingin merekrut kamu.

Ini juga merupakan salah satu cara menjadi penerjemah yang baik. Karena dengan mengikuti sertifikasi kamu akan menguji kemampuan kamu dalam melakukan penerjemahan.

Selain mengikuti sertifikasi penerjemah. Cara menjadi penerjemah lainnya yang bisa kamu coba adalah mengikuti kelas online bahasa.

Jika kamu tertarik belajar bahasa Jepang dan ingin menjadi penerjemah bahasa Jepang, kamu bisa mengikuti program belajar bahasa Jepang dari Pongo Exclusive yang dijamin akan membuat kamu menguasai bahasa Jepang dengan baik dan memperoleh sertifikat khusus.

  1. Terus Memperkaya Pengalaman

Ini adalah salah satu cara menjadi penerjemah yang lebih diakui dan dipandang, yaitu dengan cara memperkaya pengalaman yang dapat kamu jadikan sebagai portofolio sebagai seorang penerjemah.

Kamu dapat memulai karir sebagai penerjemah dengan membuka jasa penerjemah secara freelance. Ketika sudah cukup meyakinkan dan memiliki banyak portofolio tidak ada salahnya kamu mencoba melamar ke perusahaan yang sedang membutuhkan jasa seorang penerjemah.

 

Ternyata tida sulit bukan cara menjadi penerjemah yang baik?. Dengan niat, tekad dan ketekunan kamu pasti bisa menjadi seorang penerjemah yang handal.

Kunci utama menjadi penerjemah adalah belajar bahasa yang ingin kamu tuju dengan baik.

Jika kamu tertarik untuk menjadi penerjemah bahasa Jepang dan ingin belajar bahasa Jepang, kamu bisa belajar bahasa Jepang di Program belajar bahasa Jepang Pongo Exclusive.

Di Pongo Exclusive kamu akan belajar bahasa Jepang dengan metode dan materi yang efektif serta akan dibimbing oleh para mentor yang berkompeten. Memungkinkan kamu untuk belajar bahasa Jepang 10.

7 Tips Belajar Menjadi Pengisi Suara Atau Seiyuu
Belajar Bahasa Jepang Otodidak Atau Ikut Kursus Belajar Bahasa Jepang?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *