sifat orang jepang yang patut ditiru

Kalau bicarain sifat, kebudyaan maupun kebiasaan orang Jepang memang tidak ada habisnya, ada beberapa sifat orang Jepang yang kadang mengundang keheranan bagi diri kita, namun ada juga tentunua sifat orang Jepang yang yang patut ditiru serta bernilai positif.

Jika melihat fakta bagaimana kita melihat Jepang sekarang dengan kemajuannya, perusahaan besar Jepang ada di mana-mana, negaranya tertata dengan baik seharusnya itu sudah menjadi bukti bahwa ada banyak sifat orang Jepang yang patut ditiru. Hal ini karena kemajuan suatu daerah atau negara tentunya berawal dari individu warganya.

Daripada penasaran apa aja sifat orang Jepang yang patut ditiru, berikut kami berikan 7 sifat orang Jepang yang layak untuk kita terapkan dikehidupan sehari-hari.

  1. Pekerja Keras

Kembali lagi dengan yang disebutkan di pembuka salah satu factor utama yang membuat negara Jepang menjadi sangat maju baik dari segi industry, pendidikan, kesehatan maupun ekonominya adalah karena sifat orang Jepang yang patut ditiru yang satu ini yaitu pekerja keras.

Orang Jepang biasanya memiliki loyalitas yang tinggi terhadap apapun yang sudah menjadi tanggung jawabnya. Maka jangan heran jika orang Jepang tidak pernah setengah-setengah dalam mengerjakan tugas yang diberikan olehnya.

Sikap kerja keras orang Jepang merupakan bentuk dari rasa penghormatan dari atasannya yang telah menerimanya di tempat kerja. Bahkan sangking tingginya semangat kerja orang Jepang sampai melewati batas dan akhirnya banyak terjadi kasus karoshi atau mati karena terlalu semangat bekerja. Setidaknya pemerintah Jepang telah sadar akan hal ini dan tengah berusaha menangani karoshi semaksimal mungkin.

  1. Sopan Santun

Sifat orang Jepang yang patut ditiru selanjutnya adalah mengenai adab pergaulan dengan sesame. Orang Jepang memang sangat terkenal masih menjunjung tinggi norma kesopanan khususnya dengan orang yang lebih tua.

Salah satu kebiasaan unik orang Jepang yang merujuk pada norma kesopanan adalah membungkuk saat berjumpa yang merupakan bentuk dari salam hormat mereka. Orang Jepang juga tidak sungkan untuk meminta maaf terlebih dahulu dan merasa bersalah.

Satu lagi bentuk penerapan norma kesopanan orang Jepang adalah jika ingin datang berkunjung mereka harus membuat janji terlebih dahulu. Bukan tanpa alasan, selain bertujuan unuk menyesuaikan waktu, tuan rumah juga akan merasa tidak enak menerima tamu jika tanpa persiapan yang matang seperti menyiapkan merapikan tamu, serta menyiapkan makanan dan minuman.

  1. Kegagalan Adalah Hal Yang Memalukan

Sifat orang Jepang yang patut ditiru selanjutnya cocok banget buat memotivasi diri kamu yang tengah berjuang.

Kamu mungkin sering mendengar tentang kasus bunuh diri yang dilakukan orang Jepang yang biasanya latar belakarng mereka melakukan hal tersebut adalah karena kegagalan. Mesikipun secara fakta bunuh diri bukanlah sikap yang terpuji, namun jika kita ambil pelajaran dari sisi lain adalah betapa besar rasa malu mereka jika gagal dalam sesuatu.

Bagi orang Jepang antara kesuksesan dan kegagalan adalah suatu pilihan dalam hidup. Orang yang mau sukses tentunya adalah orang bekerja keras, memanfaatkan waktu dengan baik, dan lebih banyak belajar. Belajar dari orang Jepang janganlah menyia-nyiakan hidup kamu.

  1. Menjaga Kebersihan

Masih ingatkah tentang berita aksi para penonton Jepang yang membersihkan stadium usah pertandingan selesai saat perhelatan piala dunia tahun 2018. Itu hanya sebagian kecil dari betapa tingginya rasa peduli orang Jepang dengan kebersihan.

Orang Jepang sudah diajarkan cara menjaga kebersihan sejak usia dini. Bahkan sekolah-sekolah yang ada di Jepang tidak memperkerjakan petugas kebersihan karena itu tanggung jawab dari setiap siswa yang belajar di sana. Jadi jangan heran saat kamu melihat anak-anak usia SD yang membersihkan tempat belajar mereka sendiri

Salah satu sifat orang Jepang yang patut ditiru yang satu ini memang sangat luar biasa efeknya jika mampu kita terapkan karena bukan hanya diri kita saja yang merasakan namun juga orang-orang dan lingkungan sekitar.

  1. Menghargai Waktu

Sepertinya istilah jam karet yang sangat populer di Indonesia tidak populer di Jepang. Hal itu karena orang Jepang sangat menghargai waktu sebaik mungkin.

Istilah waktu adalah uang atau waktu adalah pedang benar-benar tertanam dengan baik pada individu di Jepang. Kamu pasti sudah sering mendengar juga bagaimana disiplinnya jam keberangkatan transportasi umum di Jepang. Seperti pada kasus perusahaan kereta api di Jepang yang meminta maaf kepada para penumpang “hanya” karena keterlambatan 25 detik. Pihak tranportasi umum bahkan tidak jarang mengeluarkan slip permintaan izin dan permintaan maaf atas keterlambatan yang dilakukan.

Dalam kedatangan ke tempat kerja pun mereka sangat memperhatikan waktu sebaik mungkin. Jadi jika kamu memiliki kesempatan untuk kerja di Jepang atau kerja di perusahaan Jepang nantinya jangan coba-coba untuk datang terlambat.

 

Ternyata sifat orang Jepang sangat bagus untuk ditiru bukan?. Jika kamu dapat menerapak ke dalam kehidupan sehari-hari dari sifat orang Jepang yang patut ditiru diatas dijamin kehidupan kamu akan menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Jika kamu ingin lebih banyak belajar tentang kebiasaan dan kebudayaan orang Jepang, salah satu cara yang paling efektif adalah belajar bahasa Jepang. Sekarang kamu nggak perlu bingung lagi belajar bahasa Jepang di mana. Kini sudah hadir program belajar bahasa Jepang Pongo Exclsuive yang memberikan kamu kemudahan dalam belajar bahasa Jepang.

5 Perusahaan Terkaya Di Jepang
5 Perusahaan Terbesar Di Jepang Yang Terkenal Dan Sangat Mendunia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *